Contoh kiamat sugra

Contoh Kiamat Sugra

  • Memahami peristiwa contoh kiamat sugra (kiamat kecil)
  • Bencana alam yang terjadi juga menjadi salah satu contoh kiamat sugra

Contoh kiamat sugra sebenarnya adalah hal yang sering terjadi, bahkan di lingkungan sekitar kita.

Walaupun kita sendiri sebagai manusia belum mengalaminya, pasti kerap kali kita melihat kejadian atau peristiwa kiamat sugra di berbagai macam media.

Seperti halnya orang meninggal, peristiwa bencana alam yang terjadi di Indonesia maupun dunia, hingga diutusnya Nabi Muhammad SAW menjadi contoh peristiwa kiamat sugra.

Berikut ini contoh kiamat sugra (kiamat kecil) yang terjadi di sekitar kita.

1. Diutusnya Nabi Muhammad SAW

Memang tidak bisa kita pungkiri, jika dengan diutusnya Nabi Muhammad SAW menjadi salah satu contoh tanda kiamat kecil.

Hal ini dibuktikan, karena setelah Nabi Muhammad SAW, takkan muncul lagi nabi baru. Alias, Nabi Muhammad SAW adalah nabi terakhir.

Dari Anas RA, Rasulullah SAW bersabda: “(Masa) diutusnya aku dan (hari terjadinya) kiamat seperti dua (jari) ini”.”(Anas RA) berkata, “Dan beliau Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam merapatkan jari telunjuk dengan jari tengahnya.” (HR Muslim).

2. Banyak Harta, Jarang Sedekah

Fenomena memiliki banyak harta, apalagi kalangan anak muda, memang seperti hal yang sudah tidak asing lagi di dunia.

Namun demikian, dengan banyak harta, sebagian besar dari mereka juga terdapat kecenderungan tidak melakukan kebaikan di jalan sedekah.

Dari Abu Hurairah RA, bahwa Rasulullah SAW bersabda: “Tidak akan terjadi hari kiamat hingga harta benda banyak pada kalian, lalu melimpah ruah, sampai-sampai menyusahkan pemilik harta (mencari) orang yang menerima sedekah darinya, dan seorang dipanggil (untuk) menghadapnya, lalu dia berkata, ‘Aku tidak memiliki keperluan terhadapnya’.” (HR Bukhari dan Muslim).

3. Orang-orang yang Mengaku Nabi

Baik itu di media elektronik, media cetak, hingga digital, salah satu fenomena ini cukup sering terjadi, apalagi di Indonesia. Banyak orang yang mengaku nabi.

Padahal, Nabi Muhammad SAW adalah nabi terakhir.

Dari Abu Hurairah RA, bahwa Rasulullah SAW bersabda: “Tidak akan terjadi hari kiamat hingga dibangkitkan ‘para dajjal (pendusta)’ yang (jumlahnya) mendekati tiga puluh, semuanya mengaku bahwa mereka adalah utusan Allah (Rasulullah).”

4. Kebodohan yang Merajalela

Kebodohan merajalela

Perlu diketahui, jika dengan semakin modern zaman, semakin canggih teknologi, namun adab dan ilmu malah kian merosot.

Hal ini terbukti jika terdapat kecenderungan banyak orang bodoh, menyelesaikan suatu perkara dengan kekerasan.

Dari Anas bin Malik RA menuturkan, Rasulullah SAW bersabda: “Di antara tanda-tanda kiamat adalah ilmu dihilangkan dan kebodohan diteguhkan.”

5. Fenomena Alat Musik

Pada dasarnya, memang Islam membolehkan alat musik yang digunakan seperti pada hari-hari besar, hari bahagia, dan lain sebagainya.

Namun, sekarang ini, terdapat kecenderungan penyalahgunaan alat musik, liriknya tentang percintaan, suaranya mendayu-dayu, dan lain sebagainya.

Al Bukhari meriwayatkan dalam shahihnya dari Abu Malik Al Asy’ari RA, bahwa ia mendengar Nabi Muhammad SAW bersabda: “Kelak terjadi dari umatku beberapa kaum yang menghalalkan zina, sutra, khamar, dan alat-alat musik. Dan sungguh ada beberapa kaum yang akan singgah di suatu pegunungan yang tinggi, pada sore harinya (seorang penggembala) menjambangi mereka dengan membawa hewan ternaknya, mereka didatangi -oleh penggembala fakir itu- untuk suatu kebutuhan, lalu mereka berkata: ‘Kembalilah kepada kami besok.” Maka di malam harinya Allah (membinasakan) mereka dan hancurlah gunung tersebut, dan merubah sebagian mereka menjadi kera dan babi sampai hari kiamat.”

6. Berlomba-lomba Mempercantik Masjid

Hakikatnya, dibangunnya tempat ibadah seperti masjid, tentu digunakan sebagai salah satu sarana ibadah.

Akan tetapi, belakangan ini, santer fenomena masjid yang dipercantik dan banyak orang yang mengunjunginya hanya sebagai sarana atau tempat wisata.

Ibnu Abbas RA berkata: “Sungguh kamu akan menghiasinya (yaitu: masjid-masjidmu, pent.) sebagaimana bangsa Yahudi dan Nashrani menghias (tempat-tempat ibadah mereka).” (HR Bukhari secara mu’allaq)

7. Waktu Semakin Singkat

Sebagai manusia, kita pasti pernah atau seringkali merasakan jika waktu semakin singkat. Baru saja tadi pagi, sekarang sudah malam hari.

Adalagi, di masa kecil, kita pasti menemui handphone jadul, belasan tahun kemudian, sudah muncul smartphone. Perubahan revolusi dan zaman yang begitu pesat.

Dari Abu Hurairah RA menuturkan, Rasulullah SAW bersabda: “Tidak akan terjadi hari kiamat hingga zaman semakin singkat, maka jadilah setahun bagaikan sebulan, sebulan bagaikan sepekan, sepekan bagaikan Hari Jumat seperti sehari, sehari bagaikan sejam, dan sejam bagaikan seperti terbakarnya pelepah pohon kurma (cepat sekali, pent.).” (HR Ahmad, At Tirmidzi, dan Al Albani men-shahih-kannya)

8. Orang Tua Bergaya Layaknya Anak Muda

Orang tua bergaya layaknya anak muda

Fenomena contoh kiamat sugra ini juga kerap kali terjadi di sekitar kita.

Beberapa di antaranya, menyemir rambut, berpose dengan cukup ciamik layaknya anak muda, menggunakan aksesoris yang bukan peruntukannya, dan lain sebagainya.

Dari Ibnu Abbas RA menuturkan, Rasulullah SAW bersabda: “Akan ada di akhir zaman satu kaum yang menyemir rambut mereka dengan warna hitam bagaikan dada burung merpati, mereka tidak akan pernah mencium harumnya surga.” (HR Ahmad)

9. Merebaknya Perdagangan

Dagang atau bisnis sebenarnya salah satu hal yang baik. Bahkan, Nabi saja juga pernah berdagang.

Akan tetapi, muncul fenomena banyak orang yang melakukan perdagangan atau perniagaan, yang justru malah ternyata menjadi salah satu perkara atau contoh kiamat sugra.

Imam Ahmad dan Al Hakim meriwayatkan dari Abdullah bin Mas’ud RA dari Nabi Muhammad SAW, bahwa beliau bersabda: “Menjelang datangnya hari kiamat, salam hanya diucapkan kepada orang-orang tertentu, dan merebaknya perdagangan hingga seorang wanita turut serta (bersama) suaminya dalam berdagang.”

10. Peristiwa Gempa Bumi

Gempa bumi yang sering terjadi di Indonesia maupun di dunia, bukanlah serta-merta karena bumi sudah tua. Melainkan juga menjadi pertanda contoh kiamat sugra.

Gempa bumi yang terjadi, membuat kita untuk senantiasa lebih mendekatkan diri terhadap Allah SWT.

Dari Abu Hurairah RA menuturkan, Rasulullah SAW bersabda: “Tidak akan terjadi hari iamat hingga terjadi banyak peristiwa gempa bumi.” (HR Bukhari)

11. Sifat Kikir

Ini juga menjadi salah satu fenomena yang kerap terjadi. Banyak orang berlomba-lomba memperbanyak harta, namun lupa akan harta yang dikeluarkan untuk bekal di akhirat.

Harta yang diperoleh, biasanya akan langsung digunakan untuk membeli barang yang diinginkan, makanan dan minuman mahal, hingga lupa akan amalnya sendiri.

Dari Abu Hurairah RA, dari Nabi Muhammad SAW bersabda: “Zaman semakin berdekatan, amal berkurang, dan kekikiran dilemparkan (ke dalam hati).” (HR Bukhari)

12. Menjamurnya Perbuatan dan Ucapan yang Keji

Perbuatan dan ucapan buruk

Hal ini sering terjadi di era digital ini sebagai salah satu contoh kiamat sugra. Banyak di antara orang-orang memiliki gadget canggih, namun perilakunya kian buruk.

Banyak yang berkata buruk ataupun kotor, apalagi seringkali diucapkan saat bertemu dan saling bercengkerama satu sama lain.

Imam Ahmad dan Al Hakim meriwayatkan dari Abdullah bin Amr RA, bahwa Rasulullah SAW bersabda: “Tidak akan terjadi hari kiamat hingga muncul (banyak) perbuatan dan perkataan keji, pemutusan silaturahmi, dan jeleknya hubungan bertetangga.”

13. Pasar Kian Berdekatan

Tidak hanya perdagangan yang menjadi salah satu contoh kiamat sugra atau kiamat kecil, pasar yang saling berdekatan satu sama lain juga menjadi salah satunya.

Menjamurnya pasar di suatu daerah, bukan tanpa alasan, pasti mereka yang berdagang juga ingin mencari nafkah dan tentunya memperoleh keuntungan.

Dari Abu Hurairah RA bahwa Rasulullah SAW bersabda: “Tidak akan terjadi hari kiamat hingga muncul berbagai fitnah, banyaknya kebohongan, dan berdekatannya pasar.” (HR Ahmad)

14. Berlomba-lomba Meninggikan Bangunan

Bangunan yang tinggi, belasan lantai, hingga puluhan lantai, menjadi sebuah hal yang biasa di wilayah perkotaan.

Hal ini karena memang alasan mendasar seperti kurang atau tidak adanya lahan, hingga memilih untuk membangun gedung ke atas.

Dalam riwayat Muslim: “Dan bahwa engkau (akan) menyaksikan orang yang bertelanjang kaki dan badan, lagi miskin yang menggembala domba, berlomba-lomba meninggikan bangunan.”

15. Maraknya Minuman Keras

Minuman keras atau khamar di kalangan anak muda sekarang begitu merajalela, bak gaya hidup (lifestyle).

Padahal, di dalam Agama Islam, minuman keras dilarang. Tapi di lain sisi, malah banyak orang yang mengonsumsinya.

Diriwayatkan oleh Imam Muslim dari Anas bin Malik RA bertutur, “Aku mendengar Rasulullah SAW bersabda: ‘Di antara tanda-tanda kiamat adalah …’ dan beliau Shallallahu Alaihi wa Sallam menyebutkan di antaranya: (maraknya) minuman khamar’.”

16. Riba Merajalela

Riba merajalela

Riba seperti menjadi sebuah hal yang sulit ditinggalkan sekarang ini. Membeli kendaraan atau properti, bisa dengan cicilan, namun ada bunganya.

Tidak hanya itu saja, berhutang-pun juga ada bunganya. Sebisa mungkin, kita sebagai umat muslim yang baik bisa menghindari itu semua, dengan membelinya secara cash.

Dalam Shahih Al Bukhari dari Abu Hurairah RA bahwa Rasulullah SAW bersabda: “Sungguh akan datang suatu zaman pada manusia, seseorang tidak peduli (lagi) dengan (status) kehalalan atau keharaman harta yang ia peroleh.”

17. Hilangnya Amanah

Saat seseorang diberikan kepercayaan, seharusnya seseorang tersebut bertanggung jawab untuk amanah.

Akan tetapi, sekarang ini, banyak orang yang diberikan amanah, malah ingkar. Hal tersebut ternyata menjadi salah satu contoh kiamat sugra.

Dari Abu Hurairah RA menuturkan, Nabi Muhammad SAW bersabda: “Jika amanat telah disia-siakan, maka tunggulah kiamat.” (Abu Hurairah RA) bertanya, “Wahai Rasulullah, bagaimana amanat itu disia-siakan?” Beliau Shallallahu Alaihi wa Sallam menjawab, “Jika urusan diserahkan kepada selain ahlinya, maka tunggulah kiamat.” (HR Bukhari)

Kuis

Setelah belajar mengenai contoh kiamat sugra (kiamat kecil), kurang afdal rasanya jika tidak mengerjakan kuis berikut ini.

Ketentuan:

  • 5 soal, dengan sistem benar atau salah
  • Nilai minimal atau KKM adalah 80
  • Kerjakan dengan hati-hati, karena nilai / hasil menunjukkan kapasitas Anda
  • Selamat mengerjakan!

Daftar Artikel Tentang Kiamat Sugra

Daftar bacaan terkait mengenai kiamat sugra atau kiamat kecil, yang mungkin dapat membantu Anda untuk memahami secara lebih luas dan lebih paham mengenai kiamat sugra.

Sehingga, wawasan tentang kiamat sugra menjadi lebih terbuka dan menjadi salah satu ilmu yang dapat digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

0. Kiamat Sugra
Kupas tuntas rangkuman lengkap keseluruhan kiamat sugra (kiamat kecil), dari awal hingga akhir.

1. Pengertian Kiamat Sugra
Mendefinisikan kiamat sugra secara lebih baik dan mendalam. Mempersepsikan jika kiamat sugra kerap kali terjadi di sekitar kita.

2. Dalil Tentang Kiamat Sugra
Dalil Aqli maupun Naqli mengenai kiamat sugra, sebagai sumber referensi dalam menyampaikan fakta ataupun saat beropini.

3. Tanda-tanda Kiamat Sugra
Mengenali tanda-tanda atau ciri-ciri kiamat sugra yang terjadi di sekitar kita secara langsung maupun tidak langsung.

4. Contoh Peristiwa Kiamat Sugra (Anda sedang di sini)
Mengenali contoh atau peristiwa kiamat sugra yang belum atau sudah terjadi, yang perlu diwaspadai.

5. Sikap dalam Menghadapi Kiamat Sugra
Belajar menyikapi saat menghadapi kiamat sugra yang terjadi. Hal ini sebagai cerminan diri jika kita mencoba untuk berusaha memohon ampun kepada Allah SWT.

6. Hikmah Kiamat Sugra
Memaknai setiap kiamat sugra yang terjadi, sehingga kita bisa memetik atau mengambil pelajaran berharga dari hal tersebut.

7. Pertanyaan dan Jawaban Tentang Kiamat Sugra
– Mengapa Kematian Disebut Kiamat Sugra?
– Mengapa Setiap Manusia Mengalami Kiamat Sugra?

8. Perbedaan Kiamat Sugra dan Kubra
Mengulik lebih dalam apa saja perbedaan antara kiamat sugra (kiamat kecil) dengan kiamat kubra (kiamat besar).

9. Latihan Soal Kiamat Sugra
Setelah mengetahui banyak dan begitu dalam memaknai kiamat sugra, kurang afdal rasanya jika belum latihan soal. KKM-nya 80 loh! Tertantang? Berani cek nilaimu sendiri?

10. Makalah Kiamat Sugra
Adapula kliping atau makalah tentang kiamat sugra, baik itu berbentuk PDF maupun PPT, sebagai bahan belajar maupun bahan ajar bagi peserta didik.

Published by

Habibullah

Hi! I am Habib, Founder of Baca Pintar and Bachelor of Informatics (S.Kom.). I try to be an SEO Expert and good at business, management, human resources, technology, and leadership. [Find me at LinkedIn]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *