Dalil kiamat sugra

Dalil Kiamat Sugra

  • Melihat dalil kiamat sugra berdasarkan ayat Al Quran dan hadits
  • Dalil penting untuk dipahami, karena menjadi sumber rujukan yang penting

Dalam memahami sesuatu di Agama Islam, pasti dibutuhkan dalil, yang mana dalil dipergunakan sebagai sumber rujukan terhadap suatu hal.

Jika memaknai kiamat sugra, bukan hanya sekadar perumpamaan saja, melainkan dalil kiamat sugra telah ada, baik itu di dalam Al Quran maupun hadits.

Mengenai hal tersebut, lantas, apa saja dalil tentang kiamat sugra tersebut?

1. QS Al Anbiya Ayat 35

QS Al Anbiya ayat 35

“Tiap-tiap yang berjiwa akan merasakan mati. Kami akan menguji kamu dengan keburukan dan kebaikan sebagai cobaan (yang sebenar-benarnya). Dan hanya kepada Kamilah kamu dikembalikan.”

2. QS Al Anbiya Ayat 47

QS Al Anbiya ayat 47

“Kami akan memasang timbangan yang tepat pada hari kiamat, maka tiadalah dirugikan seseorang barang sedikitpun. Dan jika (amalan itu) hanya seberat biji sawipun pasti Kami mendatangkan (pahala) nya. Dan cukuplah Kami sebagai pembuat perhitungan.”

3. QS Al Mulk Ayat 2

QS Al Mulk ayat 2

“Yang menjadikan mati dan hidup, supaya Dia menguji kamu, siapa di antara kamu yang lebih baik amalnya. Dan Dia Maha Perkasa lagi Maha Pengampun,”

4. QS Ar Rahman Ayat 26

QS Ar Rahman ayat 26

“Semua yang ada di bumi itu akan binasa.”

5. QS Ibrahim Ayat 27

QS Ibrahim ayat 27

“Allah meneguhkan (iman) orang-orang yang beriman dengan ucapan yang teguh itu dalam kehidupan di dunia dan di akhirat; dan Allah menyesatkan orang-orang yang zalim dan memperbuat apa yang Dia kehendaki.”

Tahukah Anda?
Baik itu kiamat sugra (kiamat kecil) ataupun kiamat kubra (kiamat besar), tidak ada seseorang-pun yang mengetahuinya, mutlak rahasia Allah SWT.

6. HR Ahmad dan Al Hakim: Maraknya Perdagangan

“Menjelang datangnya hari kiamat, salam hanya diucapkan kepada orang-orang tertentu, dan merebaknya perdagangan hingga seorang wanita turut serta (bersama) suaminya dalam berdagang.” (HR Ahmad dan Al Hakim)

7. HR Bukhari: Amanat yang Melebur dan Hilang

“Jika amanat telah disia-siakan, maka tunggulah kiamat.” (Abu Hurairah RA) bertanya, “Wahai Rasulullah, bagaimana amanat itu disia-siakan?” Beliau Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam menjawab, “Jika urusan diserahkan kepada selain ahlinya, maka tunggulah kiamat!”. (HR Bukhari)

8. HR Bukhari: Berlomba-lomba dalam Menghias Masjid

“Sungguh kamu akan menghiasinya (masjid-masjidmu) sebagaimana bangsa Yahudi dan Nashrani menghias (tempat-tempat ibadah mereka).” (HR Bukhari)

9. HR Bukhari dan Muslim: Berkelimpahan Harta, Enggan Sedekah

“Tidak akan terjadi hari kiamat hingga harta benda banyak pada kalian, lalu melimpah ruah, sampai-sampai menyusahkan pemilik harta (mencari) orang yang menerima sedekah darinya, dan seseorang dipanggil (untuk) menghadapnya, lalu dia berkata, “Aku tidak memiliki keperluan terhadapnya”. (HR Bukhari dan Muslim)

10. HR Bukhari dan Muslim: Fenomena Mengaku sebagai Nabi

“Tidak akan terjadi hari kiamat hingga dibangkitkan ‘para dajjal (pendusta)’ yang (jumlahnya) mendekati tiga puluh, semuanya mengaku bahwa mereka adalah utusan Allah (Rasulullah).”

11. HR Ibnu Majah: Terjadinya Bencana Alam

“Menjelang terjadinya kiamat akan terjadi pengubahan rupa, penenggelaman bumi, dan hujan batu.” (HR Ibnu Majah)

12. HR Muslim: Diutusnya Nabi Muhammad SAW

“(Masa) diutusnya aku dan (hari terjadinya) kiamat seperti dua (jari) ini. (Anas Radhiyallahu ‘Anhu) berkata, “Dan beliau Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam merapatkan jari telunjuk dengan jari tengahnya”.” (HR Muslim)

13. HR Muslim: Berlomba-lomba dalam Meninggikan Bangunan

“Dan bahwa engkau (akan) menyaksikan orang yang bertelanjang kaki dan badan, lagi miskin yang mengembala domba, berlomba-lomba meninggikan bangunan.” (HR Muslim)

Kuis

Setelah belajar mengenai dalil kiamat sugra, kurang afdal rasanya jika tidak mengerjakan kuis berikut ini.

Ketentuan:

  • 5 soal, dengan sistem benar atau salah
  • Nilai minimal atau KKM adalah 80
  • Kerjakan dengan hati-hati, karena nilai / hasil menunjukkan kapasitas Anda
  • Selamat mengerjakan!

Daftar Artikel Tentang Kiamat Sugra

Daftar bacaan terkait mengenai kiamat sugra atau kiamat kecil, yang mungkin dapat membantu Anda untuk memahami secara lebih luas dan lebih paham mengenai kiamat sugra.

Sehingga, wawasan tentang kiamat sugra menjadi lebih terbuka dan menjadi salah satu ilmu yang dapat digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

0. Kiamat Sugra
Kupas tuntas rangkuman lengkap keseluruhan kiamat sugra (kiamat kecil), dari awal hingga akhir.

1. Pengertian Kiamat Sugra
Mendefinisikan kiamat sugra secara lebih baik dan mendalam. Mempersepsikan jika kiamat sugra kerap kali terjadi di sekitar kita.

2. Dalil Tentang Kiamat Sugra (Anda sedang di sini)
Dalil Aqli maupun Naqli mengenai kiamat sugra, sebagai sumber referensi dalam menyampaikan fakta ataupun saat beropini.

3. Tanda-tanda Kiamat Sugra
Mengenali tanda-tanda atau ciri-ciri kiamat sugra yang terjadi di sekitar kita secara langsung maupun tidak langsung.

4. Contoh Peristiwa Kiamat Sugra
Mengenali contoh atau peristiwa kiamat sugra yang belum atau sudah terjadi, yang perlu diwaspadai.

5. Sikap dalam Menghadapi Kiamat Sugra
Belajar menyikapi saat menghadapi kiamat sugra yang terjadi. Hal ini sebagai cerminan diri jika kita mencoba untuk berusaha memohon ampun kepada Allah SWT.

6. Hikmah Kiamat Sugra
Memaknai setiap kiamat sugra yang terjadi, sehingga kita bisa memetik atau mengambil pelajaran berharga dari hal tersebut.

7. Pertanyaan dan Jawaban Tentang Kiamat Sugra
– Mengapa Kematian Disebut Kiamat Sugra?
– Mengapa Setiap Manusia Mengalami Kiamat Sugra?

8. Latihan Soal Kiamat Sugra
Setelah mengetahui banyak dan begitu dalam memaknai kiamat sugra, kurang afdal rasanya jika belum latihan soal. KKM-nya 80 loh! Tertantang? Berani cek nilaimu sendiri?

9. Makalah Kiamat Sugra
Adapula kliping atau makalah tentang kiamat sugra, baik itu berbentuk PDF maupun PPT, sebagai bahan belajar maupun bahan ajar bagi peserta didik.

Published by

Habibullah

Hi! I am Habib, Founder of Baca Pintar and Bachelor of Informatics (S.Kom.). I try to be an SEO Expert and good at business, management, human resources, technology, and leadership. [Find me at LinkedIn]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *