Mengapa keamanan informasi diperlukan?

Mengapa Keamanan Informasi Diperlukan?

Terkait data individu atau perusahaan, pasti pernah terlintas pertanyaan, mengapa keamanan informasi diperlukan dan menjadi sangat penting?

Sebenarnya, dari pertanyaan tersebut bisa terjawab dengan melihat dari hakikat atau tujuan dilakukannya keamanan informasi.

Setiap individu ataupun perusahaan, pasti memiliki aset penting berbentuk digital di dalam perangkat elektroniknya, seperti :

  • Data
  • Informasi

Akan tetapi, keamanan informasi terhadap organisasi, institusi, lembaga, atau perusahaan sangat penting. Bahkan, bersifat lebih kompleks.

Keduanya (baik individu atau perusahaan) perlu diamankan.

Untuk apa? Mari kita lebih dalam bahas mengapa keamanan informasi diperlukan dalam berbagai aspek.

Mengapa Keamanan Informasi Diperlukan?

Pentingnya keamanan informasi

Dibutuhkannya keamanan informasi itu penting karena untuk melindungi data dan informasi dari yang namanya threat (ancaman).

Keamanan informasi dibutuhkan untuk mengurangi resiko, manipulasi data, dan perusakan atau penghancuran informasi secara tidak sah.

Keamanan informasi penting dilakukan untuk meningkatkan proses bisnis dalam sektor perusahaan.

6 poin mengapa keamanan informasi itu penting:

  1. Mengacu pada fungsionalitas perusahaan. Setiap perusahaan harus menetapkan kebijakan guna mengoperasikan perusahan tersebut sesuai dengan yang telah ditetapkan, sehingga bisa berjalan dengan efisien.
  2. Memastikan setiap kegiatan berjalan dengan aman. Perusahaan yang “modern” harus mampu menciptakan ekosistem seluruh kegiatan berbasiskan teknologi informasi secara lebih terorganisasi dan memiliki kemampuan sistem terdistribusi baik.
  3. Melindungi data yang dimiliki perusahaan. Keamanan informasi harus mencakup aspek dalam melindungi data, baik itu data dalam jaringan internal (intranet) ataupun internet (berbasiskan cloud).
  4. Melindungi setiap aset perusahaan. Tidak hanya data dan informasi, melainkan keamanan informasi berperan penting untuk melindungi seluruh aset perusahaan, baik itu yang beresiko bocor ataupun tidak, demi kelangsungkan proses di dalamnya. Terlebih, penting untuk meminimalisir adanya human error.
  5. Ancaman baru semakin canggih setiap harinya. Ancaman dan serangan setiap hari semakin canggih, meliputi malware, Distributed Denial of Service (DDoS), hijacking, dan lain sebagainya.
  6. Mengikuti kebijakan yang berlaku, seperti GDPR. General Data Protection Regulation (GDPR) merupakan peraturan terkait dengan kerahasiaan data (data privacy) yang ditujukan untuk seluruh perusahaan di dunia, bertujuan guna memberi perlindungan lebih baik terhadap kerahasiaan data dalam ekonomi digital seperti sekarang ini.

Apa Itu Ancaman (Threat)?

Ancaman (threat) pada keamanan informasi

Ancaman (threat) adalah pengguna, objek, atau entitas lain yang mampu membahayakan aset-aset berharga milik individu ataupun perusahaan.

Jika dilihat dari jangkauannya, ancaman bisa direpresentasikan ke dalam :

  • Pengguna yang tidak memiliki hak akses (access rights)
  • Pengguna yang tidak memiliki wewenang
  • Pengguna yang merupakan beda departemen atau divisi
  • Program yang sengaja diciptakan untuk merusak
  • dan lain sebagainya

Tahukah Anda?
Berdasarkan laporan McAfee Labs per Agustus 2019, ancaman keamanan informasi menggunakan ransomware meningkat hingga 118%!

Pihak yang Bertanggung Jawab

Pihak yang terlibat dalam keamanan informasi

Setiap orang atau pengguna, bertanggung jawab atas keamanan informasi.

Akan tetapi, jika berbicara lebih spesifik, maka pihak berikut yang memiliki tanggung jawab tinggi dalam keamanan informasi, dengan melakukan pendekatan dari atas ke bawah.

1. Senior Management

Level ini adalah level paling tinggi, yakni seorang manajer.

Manajemen di bagian ini harus membuat komitmen penuh terhadap keamanan informasi, sehingga keamanan informasi bisa berjalan dengan efektif.

Manajemen memiliki peran penting untuk melakukan komunikasi terhadap semua stakeholder, mulai dari internal (karyawan), hingga eksternal (mitra pihak ketiga).

2. Business Unit Leader

Selalu ingat, jika proses bisnis terjadi dilakukan tentu demi meningkatkan profit atau keuntungan.

Pemimpin masing-masing bidang, divisi, atau area, harus memahami betul jika terjadi kegagalan dalam informasi, mampu menyebabkan kontrol menjadi tidak efektif.

Seorang pemimpin di masing-masing divisi harus berperan aktif untuk memastikan jika keamanan informasi mampu dilakukan di setiap masing-masing organisasi di dalam perusahaan.

3. Employees

Selanjutnya, adalah karyawan atau pegawai.

Karyawan bertanggung jawab untuk memahami dan mematuhi segala bentuk kebijakan yang telah ditetapkan terkait dengan keamanan informasi dan dokumentasi pendukung (pedoman, standar, dan prosedur).

Karyawan harus aktif melakukan kegiatan dalam rangka berpartisipasi, mengamati, dan melaporkan jika terjadi celah keamanan.

4. Third Parties

Yang terakhir adalah pihak ketiga, seperti vendor yang memberikan solusi terhadap keamanan informasi perusahaan.

Dalam melakukan kegiatan pengamanan informasi, sebaiknya dilakukan dengan perjanjian kontrak (contractual agreements).

Tanggung jawab pihak ketiga dari kontrak tersebut guna mematuhi setiap kebutuhan yang benar-benar diinginkan oleh perusahaan.

Belum tahu apa itu keamanan informasi? Mari kupas tuntas tentang keamanan informasi lebih dalam!

Kesimpulan

Mengapa keamanan informasi diperlukan?

Pentingnya keamanan informasi, menjadi jawaban mengapa keamanan informasi diperlukan di era sekarang ini.

Ingat! Keamanan informasi tidak hanya dibutuhkan oleh organisasi atau perusahaan saja, melainkan penting juga bagi pengguna individu.

Dari bahasan di atas, pertanyaan “mengapa keamanan informasi diperlukan”, karena untuk meminimalisir resiko dan melindungi data dan informasi dari ancaman (threat), baik dari dalam maupun dari luar.

Dalam organisasi atau perusahaan, semua bertanggung jawab terhadap keamanan informasi dengan pendekatan dari atas ke bawah, mulai dari level management, unit leader, employees, hingga third parties.

Semua stakeholders tersebut terlibat dalam kegiatan pengamanan informasi, sehingga proses bisnis dapat berjalan dengan lancar.

Published by

Habibullah

Hi! I am Habib, Founder of Baca Pintar and Bachelor of Informatics (S.Kom.). I try to be an SEO Expert and good at business, management, human resources, technology, and leadership. [Find me at LinkedIn]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *