Mengapa setiap manusia mengalami kiamat sugra?

Mengapa Setiap Manusia Mengalami Kiamat Sugra?

Menyoal kematian, tentu terlintas di benak, “mengapa setiap manusia mengalami kiamat sugra?

Seperti yang kita ketahui sebelumnya, kiamat sugra merupakan padanan kata atau sinonim dari kiamat kecil, yakni salah satunya kematian.

Adanya kematian atau peristiwa meninggalnya seseorang, yang membuat kita sebagai manusia, sebagai makhluk yang bernyawa, untuk tetap mawas diri.

Mengapa mawas diri?

Karena pada hakikatnya, kematian itu pasti dan nyata. Kita sebagai manusia hanya bisa beribadah, karena ibadah mampu membantu kita nanti di akhirat.

Balik lagi ke pokok pembahasan, mengapa setiap manusia mengalami kiamat sugra atau kematian?

Mengapa Setiap Manusia Mengalami Kiamat Sugra?

Kematian itu pasti terjadi

Kematian itu pasti nyata terjadi dan tidak bisa diprediksi kapan waktu datangnya.

Kematian atau peristiwa meninggalnya seseorang akan dialami oleh makhluk yang bernyawa, termasuk manusia. Hal ini sesuai dengan firman Allah SWT, QS Ali Imran ayat 185.

Artinya: “Tiap-tiap yang berjiwa akan merasakan mati. Dan sesungguhnya pada Hari Kiamat sajalah disempurnakan pahalamu. Barangsiapa dijauhkan dari neraka dan dimasukkan ke dalam surga, maka sungguh ia telah beruntung. Kehidupan dunia itu tidak lain hanyalah kesenangan yang memperdayakan.”

Kematian Tidak Dapat Diprediksi

Kematian tidak dapat diprediksi

Manusia merupakan makhluk sosial yang diciptakan oleh Allah SWT yang diberikan hati dan naluri sebagai perbedaan dari makhluk lainnya.

Pada dasarnya, semua ciptaan Allah SWT akan binasa, tak terkecuali alam semesta ini.

Nyatanya, walaupun teknologi berkembang pesat sekalipun, pemikiran manusia yang kian visioner, tetaplah tidak berdaya untuk memprediksi datangnya kematian seseorang.

Oleh karena itu, kita sebagai makhluk hidup diwajibkan untuk senantiasa bersiap-siap dengan bekal amal ibadah semasa kita di dunia.

Seperti dalam QS An Nahl ayat 61 berikut ini.

QS An Nahl ayat 61

Artinya: “(Jika Allah menghukum manusia karena kezalimannya) disebabkan kedurhakaan-kedurhakaan mereka (niscaya tidak akan ditinggalkan-Nya padanya) yakni di muka bumi ini sesuatu pun (dari makhluk yang melata) makhluk yang hidup di permukaannya (tetapi Allah menangguhkan mereka sampai pada waktu yang ditentukan. Maka apabila telah tiba waktu yang ditentukan bagi mereka, tidaklah mereka dapat mengundurkan) waktunya (barang sesaat pun dan tidak pula mendahulukan) waktunya.”

Dahsyatnya Sakaratul Maut

Dahsyatnya sakaratul maut

Kondisi sebelum kematian atau meninggalnya seseorang, biasanya akan diawali dengan detik-detik yang menyakitkan dan menegangkan, inilah sakaratul maut.

Imam Ghazali mengatakan bahwasannya, “Demi Allah, sekiranya jenazah yang sedang kalian tangisi bisa berbicara sekejap, lalu menceritakan (pengalaman sakaratul mautnya) pada kalian, niscaya kalian akan melupakan jenazah tersebut, dan mulai menangisi diri kalian sendiri.” (Imam Ghazali mengutip atsar Al Hasan)

Sementara itu, Rasulullah SAW bersabda, “Sakaratul maut itu sakitnya sama dengan tusukan tiga ratus pedang.” (HR. Tirmidzi)

Bahkan, penampilan rasa dari Malaikat Maut yang amat seram dan menakutkan kian menambah pedih rasa sakit yang dirasakan.

Agar hati kita terbuka lebar dan senantiasa mengamalkan amal baik, maka ziarah ke kuburan menjadi kuncinya.

“Berziarahlah ke kuburan, karena ziarah ke kuburan itu dapat mengingatkan kalian akan kematian.” (HR. Muslim)

Daftar Artikel Tentang Kiamat Sugra

Setelah mengetahui jawaban dari mengapa setiap manusia mengalami kiamat sugra, berikut adalah daftar bacaan lengkap tentang kiamat sugra. Sehingga, mampu meningkatkan kualitas pemahaman dan daya nalar (power of reason) di bidang Agama Islam.

* * *

Sumber:

  1. Purnomo, C. V. (2019). Siapkan Bekal untuk Menjemput Ajal. Dikutip pada tanggal 4 April 2021 dari Direktorat Pendidikan dan Pembinaan Agama Islam Universitas Islam Indonesia (DPPAI UII): https://dppai.uii.ac.id/siapkan-bekal-untuk-menjemput-ajal.
  2. Baumar, S. (2020). Dahsyatnya Sakaratul Maut. Dikutip pada tanggal 4 April 2021 dari Al-Irsyad Al-Islamiyyah: https://www.alirsyad.or.id/dahsyatnya-sakaratul-maut.
  3. Pengusaha Muslim. (2009). Sakaratul Maut. Dikutip pada tanggal 4 April 2021: https://pengusahamuslim.com/1374-sakaratul-maut.html.

Published by

Habibullah

Hi! I am Habib, Founder of Baca Pintar and Bachelor of Informatics (S.Kom.). I try to be an SEO Expert and good at business, management, human resources, technology, and leadership. [Find me at LinkedIn]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *