Perkembangan komputer sebelum tahun 1940

Perkembangan Komputer Sebelum Tahun 1940

Perkembangan komputer sebelum tahun 1940 mengalami begitu banyak proses yang terjadi.

Sebelum menjadi komputer yang berkembang dan lebih sempurna seperti sekarang ini, perkembangan komputer terbagi menjadi 2 :

  1. Perkembangan komputer sebelum tahun 1940
  2. Perkembangan komputer setelah tahun 1940

Perlu diketahui, pengertian komputer adalah seperangkat alat elektronik yang digunakan untuk mengolah data, kaitannya dalam membantu tugas manusia menjadi lebih efektif dan efisien.

Kaitannya dengan komputer, pasti tidak akan jauh dengan teknologi informasi, yang saat ini kian gencar digaungkan oleh berbagai lapisan masyarakat. Terlebih lagi di era revolusi industri 4.0.

Mengenai hal tersebut, mari kita belajar lebih banyak tentang perkembangan komputer sebelum tahun 1940.

1. Abacus

Abacus

Abacus adalah alat hitung pertama yang diciptakan oleh manusia, terbuat dari rangka kayu dengan sederet poros yang berisikan manik-manik yang bisa digeser.

Bisa dikatakan, abacus merupakan salah satu alat hitung paling tua yang dibuat oleh manusia, selain dari senjata dan roda.

Sementara itu, abacus yang paling tua diketahui berasal dari Mesopotamia, yang diciptakan sekitar tahun 3000 SM (Sebelum Masehi).

Nama lain dari abacus :

  • Dekak-dekak
  • Sipoa
  • Sempoa

Abacus sendiri selain digunakan untuk operasi penjumlahan, bisa juga digunakan untuk operasi pengurangan, perkalian, dan pembagian.

Walaupun bisa digunakan perkalian dan pembagian, namun yang dilakukan hanya sebatas angka yang sederhana, tidak bisa lebih kompleks.

Sementara itu, pemanfaatan atau penggunaan dari abacus sebagai alat hitung, diungkap sangat membantu bagi tunanetra, karena manik-manik yang ada pada abacus bisa dirasakan dengan mudah di jari-jemari.

Tahukah Anda?
Di zaman modern yang seperti ini, ternyata abacus sendiri masih eksis sampai sekarang.

Hal ini terbukti dengan adanya tempat pelatihan / kursus / les yang mengajari cara menghitung cepat, dengan menggunakan media abacus untuk mempermudahnya.

2. Kalkulator Roda Numerik 1

Kalkulator Roda Numerik 1

Setelah hampir 12 abad lamanya, akhirnya muncul penemuan lain dalam hal mesin komputasi.

Pada tahun 1642, Blaise Pascal, yang pada waktu itu berusia sekitar 18 tahun, menemukan hal yang baru dalam teknologi mesin komputasi, yakni kalkulator roda numerik (numerical wheel calculator).

Kalkulator roda numerik tersebut diciptakan untuk membantu sang ayah dalam proses perhitungan pajak.

Kotak persegi kuningan tersebut dinamakan dengan Pascaline. Menggunakan sebanyak 8 roda putar bergerigi, guna menjumlahkan hingga 8 digit.

Kekurangan alat ini, hanya bisa digunakan untuk melakukan operasi penjumlahan.

3. Kalkulator Roda Numerik 2

Kalkulator Roda Numerik 2

Setelah kalkulator roda numerik 1, masih ada kelanjutannya lagi, yakni kalkulator roda numerik 2.

Tak berselang lama sejak penemuannya yang pertama, pada tahun 1694, Gottfried Wilhelm von Leibniz, seorang matematikawan dan filsuf Jerman, memperbaiki Pascaline yang sudah ada, sehingga bisa melakukan operasi perkalian.

Sama seperti dengan pendahulunya, alat mekanik ini bekerja dengan menggunakan roda-roda gerigi.

Dengan mempelajari catatan dan gambar yang dibuat oleh Blaise Pascal, Leibniz bisa menyempurkan alat tersebut menjadi lebih baik dari yang sebelumnya.

Barulah, di tahun 1820, kalkulator mekanik mulai populer digunakan.

4. Kalkulator Mekanik

Kalkulator Mekanik

Setelah itu, Charles Xavier Thomas de Colmar mampu menemukan mesin yang bisa melakukan 4 fungsi aritmatika dasar, seperti :

  1. Operasi penjumlahan
  2. Operasi pengurangan
  3. Operasi perkalian
  4. Operasi pembagian

Kalkulator mekanik tersebut yang dinamakan arithmometer, mampu merepresentasikan pendekatan yang jauh lebih praktis dalam kalkulasi.

Dengan kemampuan melakukan 4 macam operasi tersebut, arithmometer banyak digunakan hingga masa Perang Dunia I (World War I, berlangsung pada tahun 1914 – 1918).

Arithmometer menjadi kalkulator mekanik pertama yang sukses secara komersial.

Sebuah arithmometer dengan 12 digit dijual sebesar 300 franc pada tahun 1853. Harga tersebut bisa disetarakan dengan :

  • 30 kali lipat lebih mahal dari sebuah buku logaritma
  • 1.500 kali lipat lebih mahal dari sebuah perangko (first-class stamp)

Tidak selesai sampai sini! Masih belum berakhir, masih ada perkembangan komputer setelah tahun 1940

Ringkasan

Perkembangan komputer sebelum tahun 1940

Perkembangan komputer sebelum tahun 1940, terdiri atas 4 macam :

  1. Abacus, alat hitung pertama yang diciptakan oleh manusia, terbuat dari rangka kayu dengan sederet poros yang berisikan manik-manik yang bisa digeser.
  2. Kalkulator roda numerik 1, alat komputasi yang diciptakan Blaise Pascal pada tahun 1642, untuk membantu ayahnya dalam perhitungan pajak.
  3. Kalkulator roda numerik 2, alat komputasi yang diciptakan Gottfried Wilhelm von Leibniz pada tahun 1694, yang merupakan pengembangan dari mesin komputasi yang sebelumnya.
  4. Kalkulator mekanik, alat komputasi yang diciptakan oleh Charles Xavier Thomas de Colmar yang mampu melakukan 4 operasi perhitungan (penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian).

Baik itu antara Pascal, Leibniz, dan Colmar, mampu membantu penciptaan alat komputasi dengan baik, sehingga berkembang menjadi mesin komputasi modern saat ini, yaitu komputer.

Frequently Asked Question (FAQ)

Pertanyaan yang sering ditanyakan seputar perkembangan komputer sebelum tahun 1940. Perkembangan pada tahun ini memberikan begitu banyak manfaat bagi perkembangan berikutnya.

Manakah yang Paling Sukses?

Jika ditanya mana yang paling sukses, adalah kalkulator mekanik. Karena, kalkulator mekanik memungkinkan penggunaan secara lebih praktis dengan 4 operasi perhitungan, bahkan populer hingga digunakan pada Perang Dunia I.

Manakah yang Paling Eksis?

Sementara itu, yang masih eksis sampai sekarang adalah abacus. Diketahui, abacus masih digunakan di beberapa tempat kursus / pelatihan / les, karena diyakini mampu membuat proses berhitung seseorang menjadi lebih cepat dan praktis.

Published by

Habibullah

Hi! I am Habib, Founder of Baca Pintar and Bachelor of Informatics (S.Kom.). I try to be an SEO Expert and good at business, management, human resources, technology, and leadership. [Find me at LinkedIn]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *